REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Bupati Indramayu Hj Anna Sophanah meraih penghargaan Bupati Peduli Hak Asasi Manusia (HAM). Penghargaan diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly pada puncak Peringatan Hak Asasi Manusia Sedunia ke-68 tahun 2016 yang berlangsung di Gedung Negara Grahadi – Surabaya, Kamis (8/12).

Dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Kamis (8/12)  menyebutkan, keberhasilan Bupati Indramayu tersebut tidak terlepas dari berbagai program dan kebijakan yang dikeluarkan dalam bentuk peraturan daerah maupun peraturan bupati dan sejenisnya selalu memperhatikan dan mempertimbangkan nilai-nilai humanisme. Seperti diketahui beberapa waktu lalu pemerintah pusat telah melakukan penilaian dan juga verivikasi terhadap Kabupaten Indramayu. Hasilnya, Kabupaten Indramayu masuk nominasi sebagai daerah yang peduli terhadap penghormatan hak asasi manusia.

Menurut Anna, yang menjadi ciri khas bagi kebijakan di Kabupaten Indramayu adalah setiap regulasi dan aplikasi di lapangan selalu memperhatikan nilai kemanusiaan. Sehingga, dalam pelaksanaan di lapangan tidak bersinggungan dan bertentangan dengan masyarakat.

“Kita menegakkan aturan. Namun demikian, kita juga harus memperhatikan sisi kemanusiaan. Kita sering menertibkan para PKL yang membandel karena mengganggu ketertiban umum, namun dalam pelaksanannya, kita lakukan berkali-kali dengan pendekatan kemanusiaan terlebih dahulu sebelum ditertibkan. Karena bagaimanapun mereka adalah masyarakat kita,” tegas Anna.

Asisten Pemerintahan Setda Indramayu Didi Kusmulyadi mengatakan, penghargaan ini diterima tidak lepas dari peran seluruh masyarakat Indramayu. Oleh Kementerian, Kabupaten Indramayu layak mendapatkan penghargaan karena telah memenuhi kriteria kepedulian terhadap hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak atas rasa aman dan hak perempuan.

Red: Agus Yulianto


Komentar (0)