Jakarta (25/02) – Balitbang Hukum dan HAM menjadi petugas dalam apel pagi Kemenkumham. Kepala Balitbang Hukum dan HAM, Asep Kurnia bertindak sebagai pembina apel. Dalam amanatnya, Asep menyinggung target Kemenkumham mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Tahun ini ada enam unit eselon I yang mengajukan diri sebagai unit menuju WBK. Keenam unit tersebut yaitu, Balitbang Hukum dan HAM, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan, Direktorat Jenderal Imigrasi, Badan Pembangunan Hukum Nasional, serta Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Selain itu, Kemenkumham juga mengusulkan 371 satuan kerja wilayah untuk menjadi WBK.

Untuk diketahui, pada 2018 Kementerian Hukum dan HAM telah berhasil meloloskan 10 unit kerjanya mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi. Tahun ini, Kementerian Hukum dan HAM menargetkan predikat WBK dapat berlaku bagi satu kementerian.

Asep lalu menambahkan, salah satu prasyarat menuju WBK adalah penilaian pelayanan publik yang didapat dari survei Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Survey untuk kedua indeks tersebut telah dilakukan oleh Balitbang Hukum dan HAM sejak 2015.

Asep berharap Balitbang Hukum dan HAM dapat kembali melaksanakan survey tersebut tahun ini. “Oleh karena itu, kami mohon kesediaan seluruh pejabat untuk mendukung Balitbangkumham melaksanakan kedua survey tersebut terutama dalam hal pengumpulan data,” pesan Asep. (*Humas Balitbangkumham)

apel pagi


Komentar (0)