SEMARANG - Penerapan e-gov tidak henti-hentinya digelorakan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Terhangat, Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menggelar rapat identifikasi dan inventarisasi permasalahan HAM dan layanan datamaskumham di ruang rapat lantai 2, Selasa (05/03).

Rapat dipimpin oleh Kabid HAM, Siti Yulianingsih dan dihadiri dari Balitbang Hukum & HAM, Kabid Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi, Jaya Laksana serta Kabid Pengembangan Sistem Informasi Penelitian Hukum dan HAM, Machyudie.

Selain itu perwakilan dari LBH Semarang, LRC-KJHAM Semarang, KPK2BGA Jateng, dan Penyuluh Hukum juga ikut berpartisipasi sebagai peserta dalam rapat kali ini.

Rapat kali ini membahas tentang pelayanan melalui e-gov pada Balitbang HAM, salah satunya adalah sistem Datamaskumham (sipkumham.balitbangham.go.id).

Sebagai informasi sistem Datamaskumham merupakan sistem yang berbasis Geographic Information System (GIS) dan berperan sebagai pusat informasi untuk berbagai data dan informasi yang berkaitan dengan permasalahan hukum dan HAM serta ditujukan guna mendukung tugas dan fungsi balitbangkumham yang diproyeksikan dalam tampilan maps, sebagai pedoman dalam pelaksanaan penelitian dan pengembangan di wilayah.

"Balitbang Hukum dan HAM telah menerapkan 3 e gov, yang pertama yakni website yang digunakan untuk publikasi, kedua Datamaskumham, dan terakhir petalitkumham, "ujar Machyudhie.

Bukan hanya membahas sebatas materi tentang layanan e-gov tetapi pada rapat kali ini juga mendiskusikan tentang kekurangan serta inovasi e-gov yang akan diterapkan guna menunjang kinerja pemerintah.

(Humas Kanwil Kemenkumham Jateng-Jateng GAYENG✊)


Komentar (0)