SEMARANG - Paten merupakan Kekayaan Intelektual yang diberikan negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi. Dalam prosesnya ternyata masih banyak ditemukan permasalahan dan kendala, baik terkait teknis maupun pelayanan terhadap pemohon.

Hal tersebut yang mendasari dilaksanakannya penelitian dalam rangka peningkatan pelayanan publik terkait paten. Menindaklanjuti hal tersebut, Rabu (10/04) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah melalui Bidang Hak Asasi Manusia mengadakan Sosialisasi Hasil Penelitian Penyelesaian Permohonan Pendaftaran Kekayaan Intelektual di Hotel Muria Semarang.

Kegiatan yang dipandu Kepala Sub Bidang Pengkajian Penelitian dan Pengembangan Hukum & HAM, Dyah Santi Yunianingtyas, dihadiri 50 (lima puluh) peserta dari Perguruan Tinggi dan Dinas terkait. Santi,demikian biasa dipanggil, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tugas Kantor Wilayah sebagai perpanjangan tangan dari Balitbang Hukum dan HAM.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Balitbang Hukum dan HAM, Ahmad Jazuli, yang memaparkan materi hasil penelitian tentang permasalahan pendaftaran paten terutama yang dialami oleh akademisi dan industri. Ahmad Jazuli mengatakan bahwa pelayanan publik dalam pendaftaran paten harus sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Sekarang kecepatan penerimaan infomasi sangat pesat, penyelenggaraan pelayanan publik pun harus transparan demi terwujudnya good governance," jelasnya. "Masyarakat juga harus mendapatkan kemudahan akses," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang HAM, Siti Yulianingsih, yang bertindak sebagai narasumber kedua menambahkan bagaimana alur penyelesaian pendaftaran paten, serta kondisi pelayanan KI di Kantor Wilayah.

"Administrasi dalam permohonan paten harus lengkap sesuai prosedur, dan pemeriksaan substantif paten memang memerlukan waktu yang tidak sebentar sehingga terkesan pengurusan paten membutuhkan waktu yang panjang" ujar Kabid HAM.

Selama kegiatan berlangsung, beberapa peserta terlibat secara aktif dengan memberikan pertanyaan kepada narasumber seputar permasalahan dalam pendaftaran paten dan kewajiban administrasi yang harus dipenuhi.

(Humas Kanwil Kemenkumham Jateng-Jateng GAYENG✊)

 






Komentar (0)