FGD HAM Gorontalo

Gorontalo, 25/09 bertempat di Rumah Makan Mawar Sharon Kota Gorontalo,  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Gorontalo, Agus Subandriyo, menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan oleh Divisi Pelayanan Hukum dan HAM dengan tema Mewujudkan Produk Hukum Daerah yang Berperspektif HAM.

Adapun yang menjadi moderator pada kegiatan tersebut adalah Plh. Kabid HAM, Ruly Agus dan diikuti oleh 25 orang peserta terdiri dari Bagian Hukum Provinsi dan Kabupaten & Kota serta dari BNNP, BNNK dan Sekretariat Daerah Provinsi dan Kabupaten Kota serta instansi terkait di wilayah Gorontalo.   Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Kakanwil memberikan pengarahan sekaligus memberikan materi terkait Hak Asasi Manusia, bahwa penghormatan, perlindungan, pemenuhan dan pemajuan HAM di Indonesia tertuang dalam Dasar Negara kita yakni Pancasila dan UUD RI Tahun 1945.   Beliau berharap agar seluruh instansi yang diundang dapat saling bekerja sama sehingga dapat mewujudkan cita-cita bangsa dalam upaya perlindungan, pemenuhan dan pemajuan HAM melalui kegiatan FGD mewujudkan Produk Hukum Daerah yang berprespektif HAM.  

Diskusi berjalan menarik dan ditanggapi dengan antusias oleh para peserta. Dari pernyataan salah satu peserta yang kami kutip menyatakan bahwa salah satu fungsi pemerintahan adalah fungsi pengaturan. Dibalik Peraturan Daerah kadang-kadang jika kajian tidak kuat maka akan bertentangan dengan kepentingan umum.


Komentar (0)