(28/02) Jakarta, Peningkatan kompetensi bagi para Pejabat Fungsional Peneliti (JFT) menjadi dasar dilaksanakannya “Kegiatan Pelatihan Pengolahan Data Kualitatif dengan NVIVO dalam Penelitian Bagi Pejabat Fungsional Peneliti. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Data dan Informasi (Pusbangdatin) Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, F. Haru Tamtomo membuka secara langsung pelatihan yang diselenggarakan di ruang Aula Gedung Balitbang Hukum dan HAM.

Dalam pembukaan, Haru mengharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja para Pejabat Fungsional Peneliti dalam melaksanakan program penelitian dan kajian yang dilaksanakan oleh Balitbang Hukum dan HAM.

Dr. Hadi Sutopo, Dekan Fakultas Industri Kreatif Kalbe Institute, menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan ini. Beliau menjelaskan bahwa kegiatan penelitian di era sekarang, perlu media pendukung berbasis teknologi untuk menunjang para peneliti, Salah satu fasilitas yang dapat diandalkan adalah Program Aplikasi NVIVO.  Banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh para peneliti apabila telah mampu mengaplikasikan program ini dengan baik. Dengan Nvivo, peneliti dapat membuat klasifikasi, mengurutkan, memeriksa relasi dalam data dan mengombinasikan analisis dengan linking, shaping, pencarian dan pemodelan.

Menurut Hadi, aplikasi ini menjadi terobosan untuk mempermudah kegiatan peneliti dalam melakukan pengambilan data dan penyimpanan data-data penelitian. Aplikasi ini dapat mempermudah peneliti dalam dalam melakukan menyimpan data kuesioner,foto-foto, video, dan dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan kegiatan penelitian.

Dalam kegiatan ini, Hadi juga mengajarkan kepada peserta pelatihan untuk mengoperasikan NVIVO dengan baik dan sesuai dengan kegunaannya. Kegiatan berbasis pelatihan ini diharapkan menjadi penunjang bagi peningkatan kinerja Badan Penelitia dan Pengembangan Hukum dan HAM.

Pelatihan ini diikuti oleh Pejabat Fungsional Peneliti yang terdiri dari Peneliti Muda, Peneliti Madya, Ahli Peneliti Muda, Ahli Peneliti Madya, dan Ahli Peneliti Utama di Lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM. Para peserta pelatihan mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusias. (*anto)

*editor: Ernie Nurheyanti

Pelatihan Pengolahan Data Kualitatif NVIVOPelatihan Pengolahan Data Kualitatif NVIVOPelatihan Pengolahan Data Kualitatif NVIVOPelatihan Pengolahan Data Kualitatif NVIVOPelatihan Pengolahan Data Kualitatif NVIVO


Komentar (0)