Jakarta (03/11) – Peneliti Balitbang Hukum dan HAM mengikuti pelatihan penulisan karya tulis ilmiah dengan Bahasa Inggris. Pelatihan ini merupakan kerjasama Bagian Kepegawaian dengan UIG English. Mariam Kartika Tresni, Direktur UIG English, menerangkan bahwa penelitian ini dirancang khusus untuk mengembangkan kemampuan menulis akademik. “Kemampuan ini berguna supaya peneliti bisa berkomunikasi dan bekerjasama dengan kolega peneliti di luar negeri,” jelas Mariam dalam sambutannya. 


Gini Gustiniwati, tutor UIG, menjabarkan tujuan materi yang akan diberikan selama sepuluh pertemuan. Peneliti akan belajar mulai dari menyusun gagasan, argumen hingga rekomendasi. Selain itu, peneliti juga akan belajar teknis penulisan dimulai dari penyusunan kerangka, menyusun paragraf yang sistematis hingga penulisan referensi. “Nanti di akhir pertemuan, akan ada ujian presentasi untuk mengevaluasi proses belajar kita,” imbuh Gini.

Terdapat sepuluh peneliti yang mengikuti pelatihan ini. Sekretaris Balitbang Hukum dan HAM, Yayah Mariani, mengatakan kesepuluh peneliti ini merupakan peserta yang terpilih dari pelatihan tahun 2018. Pelatihan berlangsung dua hari dalam seminggu hingga lima minggu ke depan. (*Humas)

workshop akademik


Komentar (0)