(07/03) Jakarta, Pusat Pengembangan Data dan Informasi Balitbang Hukum dan HAM menyelenggarakan workshop pengolahan infografis dan presentasi profesional. Workshop ini merupakan agenda kedua dari serangkaian Computer Skill Training.  Peserta yang hadir adalah seluruh pejabat fungsional umum di lingkungan Balitbang Hukum dan HAM. Plt. Kepala Balitbang Hukum dan HAM mengatakan bahwa pelatihan hari ini berguna bagi pengembangan kapasitas SDM sekaligus penguatan bagi lembaga.

Nanang Kuswana dari LP3 STT Nurul Fikri, sebagai narasumber workshop, menjelaskan bahwa skill pengolahan infografis dan presentasi penting dimiliki sebagai strategi komunikasi. Presentasi dilakukan agar penerima informasi mengetahui, memahami dan tertarik dengan informasi. Menurut riset, penyampaian informasi secara visual akan lebih mudah diterima oleh pemirsa. Untuk itu, penyajian data melalui gambar dan animasi menjadi kemampuan dasar yang perlu dimiliki. Nanang menawarkan beberapa aplikasi web seperti infogr.am, piktochart, dan vennage yang dapat diakses secara gratis. Selain itu, aplikasi ini menyediakan beberapa template presentasi yang dapat digunakan dengan mudah dan praktis.

Dalam pelatihan ini, peserta diajak untuk mempraktikkan langsung pembuatan infografis secara kreatif. Di akhir pelatihan Nanang menegaskan bahwa pelatihan ini hanya sebagai pengenalan dasar mengenai infografis. Peserta diminta untuk mengembangkan keterampilan mendesain presentasi secara mandiri. (Nes*)

*Editor: Ernie Nurhayanti

 

Workshop CST

Workshop CST

Workshop CST

Workshop CST

Workshop CST

 Workshop CST


Komentar (0)