(1/3) Jakarta, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum (Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM) menyelenggarakan kegiatan presentasi desain penelitian dengan judul "Mekanisme Pemindahan Narapidana Antar Negara Menurut Sistem Hukum Di Indonesia". Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Haru Tamtomo (Plt. Kepala Badan Litbang Hukum dan HAM), yang didampingi oleh R.R. Risma Indriyani (Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum) serta narasumber Maktub (Kasubdit Ekstradisi dan Pemindahan Narapidana pada Ditjen AHU).

Penelitian ini bertujuan intuk mengetahui mekanisme pemindahan narapidana antar negara yang diatur dalam konvensi internasional; untuk mengetahui prospek pengaturan pemindahan narapidana antar negara dalam Hukum Indonesia.

Kegunaan penelitian secara teoritis untuk menambah bahan-bahan hukum yang dpaat dipergunakan untuk pengembangan ilmu hukum; secara praktis untuk mendukung pembentukan peraturan perundang-undangan dan sebagai bahan masukan bagi para pemangku kepentigan.

Keluaran yang diharapkan dari kegiatan penelitian hukum ini berupda rekomendasi untuk penyusunan Draft Naskah Akademik Peraturan Perundang-Undangan tentang Pemindahan Narapidana Antar Negara atau RUU Perubahan UU No.12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.

Penerima manfaat dari penelitian ini adalah Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Ditjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham, Ditjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham, Kementerian Luar Negeri, Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan, dan Mahkamah Agung.

Acara yang bertempat di Aula Badan Litbang Hukum dan HAM tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Ditjen AHU, Ditjen HAM, Ditjen Imigrasi, Ditjen Pemasyarakatan, dan seluruh pegawai dilingkungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum. (*ted/anto)


Komentar (0)