Kupang (20/8), bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT Erwin F.R. Wantania selaku Plh Kepala Kantor Wilayah membuka kegiatan Sosialisasi Hasil Penelitian Hukum dan HAM “Analisis Dampak HAM terhadap Rancangan Undang-undang Pertanahan”.

Dalam sambutan Kepala Kantor Wilayah yang dibacakan Erwin F. R Wantania menyampaikan bahwa penyusunan substansi rancangan peraturan perundang-undangan di bidang pertanahan harus melalui penelitian yang komperhensif dalam rangka memberikan pertimbangan-pertimbangan dan pandangan-pandangan ilmiah dari aspek hukum dan HAM. Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan penelitian juga dilakukan mengingat pada perkembangan, kemajuan masyarakat dan peraturan perundang-undangan pertanahan yang diarahkan untuk memberikan dukungan bagi terwujudnya penerapan hukum yang mampu memberikan kepastian hukum, keadilan dan kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi masyarakat. Hasil penelitian ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat guna mendapatkan masukan dalam upaya penyempurnaan penyusunan peraturan perundang-undangan di bidang pertanahan.

Sosialisasi Hasil Penelitian hukum dan HAM menghadirkan narasumber Peneliti Muda Badan Penelitian Okky Cahyono Nugroho yang membawakan materi Analisis Dampak HAM terhadap Rancangan Undang-Undang Pertanahan dan materi Peran kanwil BPN dalam Pemenuhan Hak Atas tanah disampaikan oleh Pipit Dwi Wardani Kepala Seksi bagian Penanganan Perkara Pertanahan Kanwil BPN Provinsi NTT.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Biro Hukum Provinsi NTT, Bahian Hukum Kota Kupang, BPN Provinsi NTT, BPN Kota Kupang, Polda NTT, Kejaksaan tinggi Kupang, Pengadilan Tinggi Kupang, LP Kelas II A Kupang, LP Wanita Kelas III Kupang, LPKA Kelas I Kupang, Universitas Katholik Widya Mandira Kupang, Universitas Artha Wacana Kupang, Ombudsman RI Perwakilan NTT, LBH APIK, Bidang Hukum dan Bidang HAM Kanwil Kemenkumham NTT. 

Erwin F. R. Wantania (Plh Kepala Kantor Wilayah) membuka kegiatan Sosialisasi Hasil KajianPenyampaian materi sosialisasiPeserta sosialisasi mengajukan pertanyyan dan masukan pada narasumber


Komentar (0)