Palembang_Humas - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan, Sudirman D. Hury membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Hasil Penelitian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang digelar di Aula Kanwil Kemenkumham Sumsel, Rabu (20/3). Sosialisasi ini bertajuk "Analisis Dampak Hak Asasi Manusia Terhadap Rancangan Undang-Undang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2019 tentang HAM".

Saat membuka acara, Sudirman menyampaikan sambutan dan arahannya terkait Peranan Kantor Wilayah Terhadap Dampak HAM dalam Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999. "Kantor Wilayah melaksanakan tugas dan fungsi Kemenkumham di tingkat wilayah, salah satu fungsi Kanwil yang ada bidang HAM, yaitu menerima pengaduan masyarakat melalui Yankomas (Pelayanan Komunikasi Masyarakat) yang bersumber dari media cetak dan elektronik," ujarnya.

Sudirman juga menjelaskan dampak dari pelaksanaan Undang-Umdang Nomor 39 Tahun 1999, antara lain perihal pelanggaran HAM yang masih banyak terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, ia merasa perlunya dilakukan perubahan dan penyempurnaan atas Undang-Undang tersebut. "Harapan saya setelah kegiatan ini, kita bisa memahami apa saja hal-hal yang belum terakomodir serta bagaimana solusi atas kekurangan atau kelemahan dari Undang-Undang ini," urainya.

Usai pemberian arahan, Kakanwil pun membuka kegiatan tersebut secara resmi. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber yang merupakan Peneliti Muda pada Badan Penelitian Pengembangan  Hukum dan HAM Kemenkumham RI, Okki Cahyo Nugroho.

Adapun para peserta yang hadir dalam kegiatan ini adalah para aparatur dan akademisi yang berasal dari berbagai instansi dan perguruan tinggi, yaitu dari Polresta Palembang, Pengadilan Tinggi Palembang, Pengadilan Negeri Palembang, Kejaksaan Tinggi Sumsel, Kejaksaan Negeri Palembang, Sekretariat DPRD Prov. Sumsel, DPP-PA Prov. Sumsel, Ombudsman RI Perwakilan Sumsel, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Prov. Sumsel, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Universitas IBA, serta Biro Hukum dan HAM Pemprov. Sumsel. (Rilis/Foto/Editor: Rido/Kasubag Humas Dedy Zulian)





Komentar (0)