(1/6) Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila, diadakan di Lapangan merah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia diikuti oleh seluruh Pimpinan Tinggi Madya, Pimpinan Tinggi Pratama, Staf Ahli Menteri, Staf Khusus Menteri dan seluruh pegawai Kementerian Hukum dan HAM dari 11 unit yang ada.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan , Prof. DR. Widodo Ekatjahjana. Dalam sambutan Widodo menyampaikan tentang sejarah mengenai lahirnya Pancasila sekaligus membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang antara lain mengatakan bahwa perayaan hari lahir Pancasila harus dijadikan sebagai moment pengingat, moment pemacu dan moment aktualisasi nilai-nilai pancasila.Mari kita terus mengamalkan warisan mulia para Founding Fathers ini untuk kemajuan bangsa dan sekaligus sebagai sumbangsih Indonesia kepada Masyarakat dunia. Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita.

Diakhir sambutan Widodo mengajak seluruh peserta upacara agar kita sebagai satu bangsa jangan mudah terpecah belah oleh karena perbedaan suku atau agama dan meneriakan, "Maukah kita dipecah belah?" dan diikuti "Tidak!...", oleh para peserta upacara.

Upacara di meriahkan dengan permainan alat musik oleh Korps Musik Poltekim Kementerian Hukum dan HAM dengan memainkan lagu Garuda Pancasila oleh Korsik. Mengheningkan cipta dipimpin oleh inspektur upacara juga diiringi dengan alat musik. Acara berlangsung hikmat dan tertib sampai selesai.

SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA!
KITA BERSATU!
KITA BERBAGI!
KITA BERPRESTASI!
UNTUK ....... INDONESIA TERCINTA

(Ted/San)

Editor : Ernie Nurheyanti

 

 

 

 


Komentar (0)