Jakarta (20/04) – Balitbang Hukum dan HAM terus berusaha meningkatkan kinerjanya di bidang pengelolaan data yang berkaitan dengan penelitian. Salah satunya dengan menggelar workshop Computer Skill Training (CST) dengan tema Getting Started With NVIVO and Data Presentation. Kepala Pusat Pengembangan Data dan Informasi Penelitian Hukum dan HAM , Aman Riyadi, menyampaikan saat ini banyak sekali teknologi yang muncul untuk memudahkan manusia dalam menjalankan pekerjaaan nya, tetapi kita jarang memanfaatkan secara optimal.

NVIVO adalah alat atau software yang berguna untuk melakukan koding data secara efektif dan efisien terutama untuk melakukan analisis data kualitatif. Ovalia Rukmana dari Perbanas INSTITUTE Jakarta, menjelaskan bahwa NVIVO dapat mengelola data yang banyak serta data yang bersumber dari berbagai macam variasi seperti wawancara, observasi ,laporan dokumen dan media sosial. " NVIVO juga mempermudah dalam pengolahan dan analis data yang terdiri dari berbagai peneliti dalam 1 tim, dan juga bisa menampilkan hasil analisis data secara langsung dalam bentuk diagram, " Jelas Rukmana.

Kegiatan Workshop ini juga mengundang Narasumber lainnya yaitu Adi Susilo Jahja yang merupakan Akademisi dari Perbanas Institute Jakarta. Selain dilaksanakan secara tatap muka, Kegiatan workshop dilaksanakan secara daring melalui media zoom(*Humas)

 


Komentar (0)