Jakarta (10/12) - Setelah perjuangan panjang seluruh tim pokja dan pegawai, akhirnya Balitbangkumham resmi meraih predikat Wialyah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian PAN RB.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Nefara Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo. Penghargaan diserahkan secara simbolis kepada 630 Kementerian/Lembaga di seluruh Indonesia. Meningkat drastis dibanding tahun lalu, terdapat 43 unit kerja Kemenkumham yang meraih WBK, termasuk Balitbangkumham.

Dalam sambutannya Wapres Ma’ruf Amin mengatakan bahwa penghargaan ini diharapkan dapat memacu seluruh unit kerja di lingkungan pemerintah pusat atau daerah untuk terus melakukan perbaikan birokrasi dan mencegah praktik korupsi sehingga dapat mewujudkan pelayanan publik yang prima. Wapres juga menjelaskan bahwa Zona Integritas berawal dari konsep Island of Integrity, yang berarti birokrasi terdiri dari pulau- pulau yang berisi orang berintegritas dengan semangat kuat mencegah korupsi. “Ingat pesan Presiden agar kita terus berupaya meningkatkan evektivitas dan efisiensi birokrasi dengan mamangkas regulasi dan prosedur yang berbelit- belit,” terangnya.

Menurut Wapres, sukses atau tidaknya pembangunan yang diusung presiden akan sangat bergantung pada Reformasi Birokrasi terutama di unit kerja yang malakukan pelayanan publik. Pelayanan publik yang baik akan mendorong kemudahan usaha dan pembangunan ekonomi. “Berikan mutu pelayanan terbaik kepada masyarakat, jaga integritas dan terus melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi, hilangkan rutinitas, buat inovasi dan inovasi,” himbau Wapres. (*humas)


Komentar (0)