Jakarta-Kepala Balitbang Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami memaparkan sejumlah inovasi Balitbangkumham saat kegiatan Desk Evaluasi Penilaian oleh Tim Penilai Nasional (TPN) terkait Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). "Kami membuat inovasi layanan publik yang bukan hanya berguna untuk meningkatkan kualitas layanan publik di Balitbangkumham tapi juga untuk meningkatkan layanan publik di Kementerian Hukum dan HAM seperti OPini (Obrolan peneliti), 3AS dan SIPKUMHAM," kata Utami saat melakukan paparan secara virtual dari Aula Balitbangkumham Hukum dan Ham siang ini.

Selain itu Utami juga menjelaskan enam area perubahan yang telah dilaksanakan pada Balitbangkumham serta memaparkan sejumlah prestasi baik tingkat nasional maupun tingkat Internasional. Seperti di tingkat nasional dimana aplikasi SIPKUMHAM berhasil meraih penghargaan Top 45 Penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021 . Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sementara prestasi di tingkat Internasional adalah dengan berhasilnya menyelenggarakan Konferensi Hukum Internasional di Tahun 2021 yang diikuti oleh peserta dari mancanegara.

Pernyataan itu diungkapkan Utami secara virtual kepada Tim Penilaian Nasional, Bapak Agus Uji  Hantara yang berasal dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Ibu Rini Yuniasih dari Inspektorat Jenderal kemenkumham RI.

Kegiatan Ini menjadi momen penting bagi Balitbangkumham untuk menyampaikan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan dalam paparannya Ibu Utami turut didampingi para pimti madya dan anggota tim kelompok kerja (pokja) pada enam area perubahan di Balitbangkumham.

Di akhir kegiatan, Tim Penilai Nasional Agus Uji Hantara mengapresiasi Inovasi yang dilakukan oleh Balitbangkumham."Menurut saya kita memang harus terus berkinerja untuk memudahkan masyarakat dalam meng akses layanan publik kita. Dan saya lihat Balitbangkumham sudah melakukan inovasi yang bukan hanya berguna untuk organisasi kemenkumham tetapi juga untuk masyarakat luas," terang Agus saat memberikan tanggapan atas paparan Balitbangkumham. (Humas)


Komentar (0)