Jakarta (19/11) - Pusbangdatin Balitbangkumham mengenalkan aplikasi Open Monograph Press (OMP) ke peneliti dan pejabat struktural terkait. OMP merupakan perangkat lunak opensource yang dapat dimanfaatkan untuk membantu kerja-kerja editorial seperti proses penyuntingan bunga rampai sampai publikasi tulisan akademik.

OMP sebelumnya sudah dipakai oleh para peneliti LIPI. Dhevi Mahelingga dari Balai Media dan Reproduksi LIPI mengatakan bahwa OMP dapat diunduh secara gratis dan diaplikasikan pada mayoritas peladen web. “Sistem OMP ini mencakup proses penerbitan dan manajemen buku yang dapat dioperasikan para pengelola penerbitan secara fleksibel,” imbuh Dhevi. Alur kerja yang termasuk dalam sistem OMP antara lain proses pengiriman naskah, penelaahan, pengeditan dan proses produksi buku.

Dalam kegiatan ini, Kepala Bagian Publikasi, Fitriyani mengatakan bahwa OMP telah mulai diaplikasikan dalam alur kerja Balitbangkumham Press. Fitriyani menjelaskan bahwa saat ini OMP digunakan oleh internal Balitbangkumham saja, namun ke depan Fitriyani berharap OMP Balitbangkumham Press dapat digunakan oleh masyarakat luas. “Akan lebih bagus kalau ke depan sistem ini bisa dijadikan layanan publik Balitbang, seperti yang dilakukan teman-teman LIPI,” harapnya.

Dalam kegiatan ini hadir pula pranata komputer LIPI, Andri Agus Rahman, yang menjelaskan mengenai teknis pengoperasian aplikasi OMP. (*Humas)


Komentar (0)