Jakarta (09/06) Dengan adanya pembaharuan dalam penilaian SPIP yang diatur dalam Peraturan BPKP Nomor 5 Tahun 2021, pagi ini Balitbangkumham menyelenggarakan bimbingan teknis penguatan new SPIP. Hal ini bertujuan agar penerapan SPIP di Balitbangkumham dilaksanakan dengan baik serta dapat menjadi sarana untuk menyusun strategi dalam meningkatkan level maturitas SPIP Balitbangkumham.

 

Sistem Pengendalian Instansi Pemerintah (SPIP) sendiri memiliki peran penting terhadap penguatan Reformasi Birokrasi yang saat ini tengah dilaksanakan. Dalam penjelasanya, narasumber dari BPKP Dyah Sulistyowati menjelaskan ada beberapa point pembaharuan penilaian dalam new SPIP ini, diantaranya pembaharuan dalam parameter penilaian terintegrasi, kolaborasi K/L/D dan BPKP dalam penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP serta  4 nilai dalam maturitas penyelenggaraan SPIP.

 

“ Jadi yang dimaksud new adalah proses penilaiannya bukan SPIPnya, SPIP tetap mengacu pada PP 60 Tahun 2008, sehingga diharapkan dengan new penilaian ini penyelenggaran SPIP di pemerintahan bisa menggambarkan kondisi realnya” jelas Dyah

 

Sekretaris Balitbangkumham Yayah Mariani, mengatakan, bahwa tujuan penting dari pelaksanaan bimtek ini adalah agar kita semua dapat memahami dan menerapkan dengan baik new SPIP ini agar kinerja Balitbangkumham semakin meningkat, hal ini juga untuk mendukung program pembangunan WBBM yang sedang dilaksanakan.(humas)

 

 


Komentar (0)