Jakarta (27/11) - Dirjen Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga, meminta Balitbangkumham untuk melakukan riset seputar penanganan peredaran narkotika di dalam lapas. Menurut Reynhard, isu narkotika masih menjadi tantangan bagi Ditjen Pemasyarakatan. Peneliti diminta mengidentifikasi permasalahan penanganan narkotika mulai dari SDM, sarana atau sistem yang ada.

 

Banyaknya narapidana kasus narkotika masih menjadi momok karena berbuntut pada masalah lain seperti overkapasitas hingga peredaran narkotika di dalam lapas. Berbagai solusi seperti rehabilitasi dan rotasi penjaga lapas untuk meminimalkan pembiaran transaksi narkotika perlu dikaji lebih lanjut.

 

Selain isu narkotika, Ditjen Pemasyarakatan meminta dibuatkan indikator keberhasilan revitalisasi pemasyarakatan serta evaluasi standar pelaksanaan rehabilitasi. Kedua instrumen evaluasi ini dinilai penting untuk perbaikan pemasyarakatan di masa depan.

 

Hasil roadshow isu penelitian hari ini akan dibahas secara internal untuk disusun menjadi isu prioritas penelitian 2021. 

pas

ditjen pas

 


Komentar (0)