Jakarta (21/09) – Pandemi Covid yang tidak pernah terprediksi oleh siapapun, mengubah hampir semua lini kehidupan manusia di seluruh dunia, termasuk dalam hal persidangan bagi para narapidana. Balitbang Hukum dan HAM pagi hari ini mengadakan presentasi proposal evaluasi terhadap sidang online di Rumah Tahanan Negara (Rutan). Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi Balitbang Hukum dan HAM untuk masalah persidangan online baik secara umum maupun secara khusus di Kemenkumham.

Peneliti Balitbang Hukum dan HAM, Eko Noer Kristiyanto, mengatakan bahwa penelitian ini dibuat dengan harapan dapat memberikan rekomendasi terhadap penyelenggaraan sidang online utamanya di Rumah Tahanan Negara. “Karena saya melihat sampai malam tadi belum ada tulisan yang mengangkat tema tentang Persidangan Online di Rutan, dan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagaimana bisa penyelenggaraan Persidangan Online di Rutan berjalan dengan tepat dan efektif,” jelas Eko

Kegiatan presentasi proposal ini menghadirkan Jaksa Fungsional pada Asisten Khusus Jaksa Agung Republik Indonesia, Rudi Pradisetia Sudirdja, sebagai narasumber. Setelah diskusi ini tim peneliti akan melakukan penyempurnaan proposal sebelum nantinya dilaksanakan di lapangan. (*Humas)

 

 

 


Komentar (0)