Jakarta (23/07) – Pusat Pengembangan Data dan Informasi Balitbang Hukum dan HAM mengadakaan Diskusi Publik Penelitian/Pengkajian dengan topik “Evaluasi Pengembangan SDM di Kementerian Hukum dan HAM RI”. Kepala Balitbang Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami, berharap bahwa diskusi ini bisa memberikan masukan yang baik untuk menyempurnakan penelitian yang sudah dilakukan. “Harapannya, dari diskusi ini kita bisa menemukan strategi yang tepat untuk mengembangkan sumber daya manusia di Kementerian Hukum dan HAM, dan BPSDM yang harus paling paham dan nantinya bisa diserahkan kepada Sekjen,” ujar Utami.

Peneliti Balitbang Hukum dan HAM, Oki W Budijanto, dalam paparannya mengatakan bahwa saat ini ada 2 bagian yang melakukan pengembangan SDM di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yaitu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dan dari Sekretariat Jenderal melalui Bagian Pengembangan Karir Pegawai. “Dari penelitian sebelumnya, pengembangan karir di lingkungan Kementrian Hukum dan HAM dengan kedua unit tersebut berjalan masih belum maksimal, sehingga melalui penelitian ini kami berusaha menemukan jalan tengah untuk memaksimalkan pengembangan karir di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM,” ujar Oki.

Kepala Pusat Kajian Kebijakan Administrasi Negara Lembaga Administasi Negara, Widhi Novianto, mengatakan bahwa pengembangan karir di suatu Lembaga maupun Kementerian tidak bisa berjalan sendiri. “Perlu sinergi yang baik dari setiap bagian untuk meningkatkan kinerja dalam pengembangan manajemen karir para pegawai di lingkungan Lembaga dan Kementerian terkait, maka dari itu perlu dilihat apakah yang harus diperbaiki apakah di salah satu struktur atau seluruh sistem,” ujar Widhi.

Kegiatan diskusi publik ini juga diikuti dari Bagian Pengembangan Karir Pegawai Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Perusahaan Listrik Negara (PLN), BPSDM Kemenkumham dan BPSDM Kejaksaan secara daring. Hasil penelitian dan diskusi hari ini akan dijadikan bahan untuk memperbaiki penelitian sebelum dibuat Policy Brief untuk diserahkan kepada stakeholder terkait. (*Humas)

 


Komentar (0)