Jakarta (28/9) - Naturalisasi kepada Atlet WNA harus dilihat dari nilai manfaatnya seperti pada usia produktif dan prestasi luar biasa yang diberikan untuk Negara. Proses sumpah kewarganegaraan perlu dipertimbangkan dalam segi administrasi data dengan menyangkut pihak imigrasi, pajak dan kepolisian, ketentuan PSSI yang menyatakan bahwa Pemain Timnas harus berdarah Indonesia.

 

Sampai saat ini, naturalisasi pemain hanya untuk kepentingan Timnas dan tidak menerima kesempatan kepada klub yang tidak menjadi kepentingan negara. APPI menyampaikan bahwa naturalisasipemain menimbulkan pro dan kontra sebab banyak pemain yang tidak dimanfaatkan secara maksimal. Fungsi dari APPI dalam naturalisasi pemain untuk meindungi hak-hak dan kepentingan pemain menyangkut kesehatan jiwa pemain muda.

 

Kegiatan FGD Pembahasan Draft Final Naskah Pra Kebijakan “Kemanfaatan Pemberian Kewarganegaraan Kepada Atlet WNA Melalui Pasal 20 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia” Rapat ini membahas draft final naskah pra kebijakan naturalisasi atlet WNA melalui Pasal 20 UU No 12 Tahun 2006, regulasi pada Pasal 20 terdapat dua unsur yaitu telah berjasa dan untuk kepentingan negara. (*Humas)

 

 


Komentar (0)