News Values Menarik, Pembaca  Tertarik

 

 

Jakarta (23/02) - ’’Nilai berita atau news values sangat penting dalam menentukan apakah artikel atau berita kita akan mudah diterima, populer atau viral di masyarakat,’’ pesan Bahrul Wijaksana, narasumber kegiatan  Workshop Penulisan Karya Jurnalistik Populer, Rabu 23 Februari, 2021.

 

Berita tentang konflik, kejadian dengan dampak besar atau serius, selebriti, berita yang mengandung hal yang aneh biasanya dicari netizen atau masyarakat. Tapi kuncinya ada di judul. “Judul harus menarik, punya daya pukul (punchline) dan menimbulkan rasa penasaran siapapun yang membacanya,’’ jelas Bahrul. 

 

Dalam workshop ini hadir juga Feby Indiriani, penulis dan jurnalis yang di bidang Media Digital. Sejalan dengan Bahrul, Feby juga menekankan pentingnya optimalisasi sarana sosial media yang dimiliki Balitbangham seperti Instagram. “Instagram sebaiknya menampilkan foto-foto ketika aparat sipil negara (ASN) sedang melakukan tindakan nyata (in action). Acara-acara seremonial sesekali masih dapat diliput tapi konten tentang hukum dan hak asasi manusia harus konsisten”, ujar penulis sastra perempuan tersebut. 

 

Kegiatan workshop ini diadakan secara tatap muka dan berlangsung dari tanggal 22-23 Februari, 2021 di Aula Balitbangkumham. Kegiatan ini diikuti oleh 15  peserta anggota manajemen media Balitbangkumham. Sekretaris Balitbangkumham Yayah Mariani didampingi oleh Kepala Bagian Hubungan Kemasyarakatan, Ernie Nurhayanti membuka kegiatan workshop. (Humas)


Komentar (0)