Jakarta (30/3) – Dalam rangka mendukung terwujudnya good governance dalam penyelenggaraan negara, maka pengelolaan keuangan negara perlu diselenggarakan secara profesional, terbuka, dan bertanggung jawab demi memenuhi prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara yang baik. Demi mewujudkan hal diatas maka Balitbangkumham berusaha meningkatkan kinerjanya di bidang pengelolaan Keuangan dengan cara menggelar workshop Pengelolaan Keuangan balitbangkumham dengan tema Peningkatan Kinerja Pengelolaan Keuangan Lebih PASTI 2021.


Sekretaris Balitbangkumham, Yayah Mariani, dalam sambutannya menyampaikan saat ini pengelolaan Keuangan dan Pelaksanaan Anggaran maupun Penerapan Sistem Pengendalian Intern dilingkungan Balitbangkumham selaku Satuan Kerja (SATKER) pada Tahun Anggaran 2020, realisasi Penyerapan Anggarannya telah mencapai sebesar 99,16 % dan Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) mencapai nilai 96,42. Hasil Penilaian tersebut telah melampaui Target Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Kementerian Hukum dan HAM dan Nasional sebesar 95,53. “Selain itu dalam pelaksanaan Sistem Penilaian Tingkat Maturitas SPIP Balitbangkumham memperoleh skor 4,056 dengan tingkat maturitas “Terkelola dan Terukur” oleh TIM Evaluasi Inspektorat Jenderal pada bulan September 2020 lalu dan itu merupakan hal yang sangat membanggakan,’’ jelas Yayah.


Dalam kegiatan workshop pagi ini, Narasumber dari KPPN Jakarta V, Ibu Dewi Yanti, menyampaikan materi terkait langkah-langkah srategis dalam melakukan pelaksanaan anggaran tahun 2021 seperti percepatan persiapan pelaksanaan program kegiatan/kegiatan/proyek, review DIPA, percepatan proses pengadaan barang jasa dan percepatan penyelesaian tagihan dan pengajuan SPM ke KPPN. Sementara itu narasumber lain dari KPPN Jakarta V, Bapak M . Nur Hidayat, menjelaskan tentang petunjuk teknis konfirmasi capaian output.


Kegiatan Workshop Pengelolaan Keuangan di Balitbangkumham diikuti oleh para Pengelola Keuangan serta perwakilan Pejabat Adminstrator dan Pelaksana dilingkungan Balitbangkumham dan dilaksanakan secara daring serta melalui tatap muka.(*Humas)

 

 

 

 


Komentar (0)