Jakarta (16/03) – Pengembangan karir ASN sebagai SDM profesional yang akan beralih jabatan, mutasi, promosi, tentunya harus didasarkan pada kompetensi teknis, manajerial dan sosio kultural. Hal tersebut penting bagi kinerja organisasi karena telah menempatkan seseorang sesuai dengan keahliannya (right man on the right place).

 

Peneliti Balitbangkumham, Taufik H simatupang menjelaskan mengapa pengembangan karir ASN berdasarkan hasil penilaian kompentensi sangatlah penting, menurutnya pengebangan karir asn merupakan bagian dari sebuah siklus dari reformasi birikorasi yang harus diikuti dengan manajamen ASN yang baik, agar mampu menghasilkan asn dengan kompentensi yang sesuai kebutuhan organisasi.

 

Selain itu, taufik menjelaskan berdsarkan hasil roadshow Balitbangkumham pada tahun 2020 lau, teridentifikasi beberapa fakta permasalahan seperti ketersediaan  dokumentasi hasil uji kompetensi dalam bentuk database dan penggunaan hasil assement oleh instansi pembina kepegawaian yang belum maksimal sebagai bahan kebijakan pengembangan karir.” Sehingga penting untuk diketahui sejauhmana pemanfaatan hasil penilaian kompetensi dalam pengembangan karier pegawai selama ini,”Jelas Taufik

 

Kegiatan presentasi proposal penelitian ini menghadirkan narasumber lain yaitu Tresni Wasilati, Asesor SDM Ahli Madya BKN. Tresni menyampaikan bahwa hasil penilaian kompetensi bukan hanya bermanfaat bagi organinasi dalam hal tersedianya database kompetensi, penerapan sistem kaderisasi dan penerapaan manajemen asn berbasis merit juga bermanfaat bagi peserta sendiri. Selanjutnya tim akan merivisi proposal sebelum tim turun ke lapangan untuk pengambilan data. (*humas)

 

 

 


Komentar (0)