Jakarta (08/08) Sepanjang perjalanan berdirinya bangsa Indonesia, peran perempuan di setiap lini kehidupan berbangsa tidak bisa dipungkiri keberadaannya. Dimulai dari masa kerajaan hingga saat ini 75 tahun Indonesia merdeka banyak sekali pemimpin- pemimpin perempuan yang berperan besar bagi bangsa dan negara.

Dengan tema “Perempuan Indonesia Merdeka Berkarya, Mewujudkan SDM Berkualitas dan Berdaya Saing menuju Indonesia Maju di Era Tatanan Baru”, Balitbangkumham bersama salamibu.com dan Paguyuban Pimti Madya Perempuan ingin menghadirkan peran perempuan di semua lini berbangsa dan bernegara melalui Obrolan Peneliti (OPini) seri ke-7 via daring.

Hadir sebagai keynote speaker, Ibu Bintang Puspayoga (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia) serta narasumber Ibu Prof. Dr. Ir. Winarni Monoarfa (Staf Ahli Bid. Hubungan Antar Lembaga Pusat dan Daerah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Ibu Prof. Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi, B.Eng, M.Eng (Deputi Bid. TI, Energi dan Material
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), Ibu Dr. (HC) Martha Tilaar (Founder & Chairwoman Martha Tilaar Group), Ibu dr. Kirana Pritasari, MQIH (Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan), Ibu Dra. Ni Wayan Giri Adnyani, M.Sc, CHE (Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Ibu Gati Wibawaningsih (Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian).

Dalam keynote speech-nya, Menteri PPA Bintang Puspayoga menjelaskan bahwa keseteraan gender di Indonesia sudah dijamin dalam konstitusi UUD 1945. Meski begitu, beban ganda perempuan seringkali berimbas pada kesenjangan gender yang terus terjadi. Beliau berpesan agar perempuan Indonesia jangan ragu untuk menunjukan peran dan terus bersaing. “Jadikan momentum 75 tahun Indonesia merdeka ini untuk memperjuangkan peran, posisi, kesempatan serta akses dan setara bagi semua pihak dalam proses pembangunan! Perempuan berdaya Indonesia maju!” pesannya.

Dalam Opini kali ini, para narasumber menjelaskan peran penting perempuan di tiap lini sesuai dengan bidang keahlian masing- masing

 

 

 

 


Komentar (0)