Jember (15/10) - Peran pemenuhan hak penyandang disabilitas seharusnya tidak dibebankan pada negara saja. "Swasta juga bisa dilibatkan secara aktif," tutur Abi Marutama, salah satu staf Balitbang Hukum dan HAM.

Abi menyebutkan, pihak swasta dari Amerika Serikat telah dilibatkan dalam pemenuhan hak disabilitas. Contohnya diterapkan organisasi nirlaba DLAW yang bekerjasama dengan universitas swasta di Indonesia dalam menyediakan pendidikan hukum bagi disabilitas tuli. Dengan pendidikan hukum, penyandang disabilitas dapat lebih memahami hak-haknya yang dijamin dalam UUD 1945 & UU No. 8 Tahun 2016.

Abi mempresentasikan karya tulisnya dalam konferensi ilmiah bertaraf internasional di Jember. Ini adalah kali kedua Abi mengangkat isu disabilitas dalam Konferensi Internasional. Sebelumnya, Abi mewakili Balitbang Hukum dan HAM mempresentasikan karya tulisnya dalam Konferensi Internasional di Korea Selatan.

The 4th Annual Human Rights Conference pada 13-15 Oktober 2018 yang diselenggarakan oleh Universitas Jember, Sydney University South East Asia Centre dan Westminster Foundation for Democracy menghadirkan peneliti dari berbagai negara. (*Humas)

 

 

abi

abi


Komentar (0)