Jakarta- Senin pagi, 17 Agustus 2020, Presiden Joko Widodo, menjadi inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Republik Indonesia. Seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara ini digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Hanya sedikit tamu undangan yang hadir, namun semuanya lengkap mengenakan aneka pakaian adat. Begitu pun Presiden Jokowi yang kali ini tampil dengan pakaian adat Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Republik Indonesia yang digelar setiap tanggal 17 Agustus beberapa tahun terakhir memang selalu menarik perhatian. Tak sekadar ritual upacara, para undangan yang datang dengan aneka pakaian adat di Indonesia juga menjadi sorotan. Sayangnya, tahun ini hanya sedikit pejabat yang dibolehkan hadir di istana. Akibat pandemi covid 19, pejabat lain mulai dari Menteri, Anggota DPR hingga Duta Besar hanya bisa menyaksikan secara virtual.


Pada Upacara Peringatan Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia tersebut, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan naskah teks proklamasi dibacakan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Perayaan 75 tahun Indonesia Merdeka yang mengusung tema 'Indonesia Maju' ini juga menampilkan kembali Naskah Asli Teks Proklamasi untuk diperlihatkan ke masyarakat.

Seluruh pegawai Balitbangkumham turut menyaksikan rangkaian peringatan hari Kemerdekaan ini melalui televisi dan kanal Youtube. Tepat pukul 10.17 WIB, para pegawai berdiri tegak sebagaimana imbauan dari Menteri Sekretaris Negara. Keterlibatan seluruh pegawai ini sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan yang berjasa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. (*Humas)

 


Komentar (0)