COMING SOON SERI KETIGA (JUMAT, 26 JUNI 2020)

Etika, Metode dan Publikasi Penelitian Hukum dan HAM di era New Normal! 

 

OPINI (OBROLAN PENELITI) SERI KETIGA

Pandemi yang dilansir sebagai krisis gobal terus dirasakan oleh berbagai negara di belahan dunia, termasuk Indonesia yang menempati posisi ke-33 pada bulan Juni 2020 sebagai negara dengan jumlah penduduk tertinggi meninggal akibat Covid-19. Banyak negara yang mengalami pandemi memberlakukan penutupan sementara termasuk Pemerintah Indonesia yang menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 yang salah satunya, memindahkan tempat kerja dan mengharuskan pegawai untuk melakukan pekerjaan di rumah /working from home (WFH).

 

Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Unit Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM yang melaksanakan tugas/pekerjaan di bidang penelitian, terutama dalam mengaplikasikan metode saintifik yang disesuaikan dengan ketentuan dalam protokol kesehatan. Dalam konteks Indonesia, aneka pemodelan menunjukkan bahwa pandemi COVID-19 tidak akan berakhir dengan segera, sehingga kita perlu bersiap-siap dengan „the new normal‟. Kondisi „the new normal‟ ini menuntut para insan penelitian untuk berinovasi dalam mengembangkan dan menerapkan metode yang beradaptasi dengan kondisi tersebut.

 

Beranjak dari tantangan tersebut, Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM melalui kegiatan OPini (Obrolan Peneliti), berkolaborasi dengan Ikatan Peneliti Hukum Indonesia (IPHI) menyelenggarakan diskusi dengan tema “Etika, Metode, dan Publikasi Penelitian  Hukum  dan  HAM  di  Era  „New  Normal‟.”  Dari  diskusi  ini,  para  pelaku  penelitian diharapkan memperoleh wacana dan perspektif terkini tentang dampak situasi new normal terhadap aktivitas penelitian hukum dan HAM; khususnya dalam aspek etika, metode, dan publikasi. Selain itu, diskusi melalui OPini diharapkan dapat menjadi ajang konsolidasi antar sumber daya manusia penelitian di bidang hukum dan HAM yang berasal dari berbagai institusi. Dalam kegiatan ini, Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM bersama IPHI mengundang para narasumber dengan berbagai latar belakang profesi, yaitu: akademisi, peneliti, dan penerbit/bidang publikasi agar dapat memberikan pemahaman yang kaya dan komprehensif terhadap tema di dalam diskusi ini.

  

Diskusi Opini Seri Ketiga: Etika, Metode dan Publikasi Penelitian Hukum dan HAM di era New Normal akan dilaksanakan pada:

 

hari, tanggal: Jumat, 26 Juni 2020

waktu : 09.00-12.00 WIB

via Zoom Meeting

 

Silakan mendaftar di link tiny.cc/OpiniLitbang3 untuk mendapatkan zoom meeting ID. Mohon untuk tulis nama lengkap beserta gelar dengan benar karena akan kami gunakan sebagai data pembuatan sertifikat.

 

Sampai ketemu!

Terima Kasih

 

  

Download Services




 Materi OPini
download seluruh materi

Download


 Siaran Ulang
Nonton Siaran Ulang

coming soon


E-Sertifikat
via email dengan kirim bukti screenshot Zoom

humaslitbangkumham@gmail.com